Cara Membuat Artikel Menarik di Blog


December 16, 2018
Cara Membuat Artikel Menarik di Blog

Kenapa Artikel Harus Menarik?

Artikel harus memiliki kualitas karena persaingan di dunia blogger sangat ketat, banyaknya blog yang melakukan plagiasi kemungkinan akan sulit untuk meraih page rank 1 pada Google Search, jadi utuk kalian yang akan membuat artikel yang menarik silahkan simak tips berikut.

Menentukan Judul

Tentukan Judul Artikel

Tentukan judul artikel apa yang akan dibuat, usahakan judul harus uniq dalam artian berbeda dengan blog yang lain agar tidak sama sepenuhnya, lakukan riset judul yang sesuai, coba cari di Google Searh apakah judul sudah ada atau belum.

Riset Keyword

Maksudnya riset disini adalah seberapa banyak kata kunci dicari dalam rentang waktu tertentu. Dalam satu bulan berapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut.

Jenis - jenis keyword

  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword Kekal
  4. Keyword Season

Short tail keyword

Short tail sudah bisa ditebak dari namanya short yang berarti "pendek" keyword ini tidak disarankan untuk pemula yang membuat artikel karena persaingan SEO sangat banyak yang menggunakan tipe ini, kelebihannya yaitu mudah dicari dan ambigu atau artinya bisa kemanamana.

Short tail keywords are search phrases with only one or words. Their length makes them less specific than searches with more words. “Egg” (1 word) is an example of a short tail keyword, whereas “Make scrambled eggs fluffy” (4 words) is a long tail keyword. Individual short tail keywords are searched more often than individual long tail keywords, but highly specific phrases make up the vast majority of search volume.(Sumber: raventools.com)

Dari pengertian tersebut kita ambil contoh, "Telur" 1 kata ini termasuk short tail keyword, sedangkan "Cara Membuat Telur Dadar" akan masuk ke tipe Long Tail Keyword.

Long Tail Keyword

Untuk jenis ini biasanya sering digunakan untuk membuat artikel menarik alasannya karena persaingannya tidak seperti tipe pertama, jadi sangat cocok untuk para pemula

For example, as of 2016, every day Google was processing 5.5 billion searches per day. Every search or as marketers call it - a keyword can be defined as a short or a long tail keyword. In most cases, a keyword that has over two or three words in it will be considered a long tail. If a search term has less than three words, most likely it will be regarded as a head term or a short tail keyword. (Sumber: keywordtool.io)

Jadi untuk Long Tail Keyword pada judul artikel biasanya terdiri lebih dari 3 kata, jika kurang dari itu masuk ke kriteria Short Tail Keyword.

Keyword Kekal

Untuk keyword yang satu ini sering dicari dari waktu ke waktu, karena kondisinya sering terjadi, contoh "Cara Mengobati Gigi Sakit" dari sini bisa terpikirkan maksudnya kan, keadaan ini tentunya banyak orang yang mengalami dan setiap hari orang orang akan mencari dengan kata yang sama ketika mereka mengalami sakit gigi. Pesaingan sangat ketat jika memang sudah jago SEO sangat cocok untuk artikel.

Keyword Season

Nahhhhh... ini sering banget keluar, misal musim piala dunia banyak orang yang mencari informasi tentang piala dunia, biasanya sesuatu yang booming sesaat ini biasanya dijadika keyword season, memang sangat menjajikan karean memanfaatkan booming untuk artikel kalian.

Cari Referensi Artikel Dari Sumber Terpercaya

Cari sumber referensi

Untuk pencarian referensi artikel silahkan cari di Google banyak kok, dan yang pastikan artikel referensinya harus sejalan dengan judul yang kita buat, agar artikel tampil menarik lebih baik cari dari web, blog dan forum yang sudah terpercaya dan jangan lupa apabila perlu berilah sumber referensi supaya artikel tidak terkesan plagiat. Usahakan referensi minimal dari 3 sumber yang berbeda dan apabila lebih dari itu semakin baik untuk artikel. Cari jangan ditempat abal abal seperti Blogspot, bukan berarti semua blogspot abal abal, tapi akan lebih baik jika kita lihat latar belakang dari blog tersebut dahulu.

Kuasai Isi Konten

Setelah mencari referensi artikel dari sana sini, pastinya dan pastikan kalian sudah paham dari isi artikel tersebut, jangan sampai hanya copas terus nanti ndak tau apa yang dicopas kan sama saja boong, paling tidak kuasailah isi dari arikel supaya jikalau ada orang tanya kita bisa menjawab ini bagai mana dan caranya bagaimana, intinya kita bisa memberi solusi untuk permasalahannya.

Pengulangan Keyword

Pengulangan keyword yang seseuai dengan artikel akan sangat berdampak pada SEO, misalnya saja kita menggunakan judul "Cara Membuat Artikel Kualitas Tinggi" dan isi dalam artikel kita terdapat kalimat, "Beginilah artikel pada blog dibuat agar memiliki tingkat kualitas yang tinggi supaya pembaca tertarik pada tulisan artikel" kita hanya perlu membolak - balikkan katanya saja menjadi "Beginilah membuat artikel kualitas tinggi pada blog yang membuat pembaca tertarik pada artikel" walaupun sedikit memotong kata, tetapi ini akan berdampak bagus pada artikel karena pesan inti akan tersampaikan.

Kesimpulan

Jika kalian masih bingung ingin menggunakan keyword yang mana Saya sarankan lebih baik menggunakan Long Tail Keyword karena persaingan SEO tidak seberapa ketat, dan untuk membuat artikelnya usahakan lakukan pemilihan kata, filter yang kata yang tidak perlu supaya pembaca tertarik sampai akhir artikel.

1 comment:

  1. You can make bunches of cash monetizing your blog with AdSense that have good quality

    let s talk about myths and fact about adsense




    Google AdSense is a program kept running by Google that permits distributers in the Google Network of substance AdSense
    https://www.rexayos.com/2019/01/increase-adsense-earnings.html

    ReplyDelete